Berita

178 Hektare Lahan Eks Tambang Berganti Jadi Lahan Jambu Mete

178 Hektare Lahan Eks Tambang Berganti Jadi Lahan Jambu Mete

PEMERINTAH Provinsi Kepulauan Uzur Belitung (Babel) memanfaatkan lahan eks tambang di Babel untuk kultur jambu mete dengan harapan sanggup meningkatkan ekonomi masyarakat.  

Pernyataan itu ditegaskan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman di Kampung Kerakas, Kecamatan  Sungai Selan, Bangka Tengah, Babel, Senin (28/9).

Dalam arahannya, Gubernur Erzaldi   mengatakan jambu mete ini merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan bagi petani, selain harganya cukup bagus, saat ini sudah ada investor yang membelinya.
 
Untuk pemprov mengajak masyarakat memanfaatkan daya ini. Menurut Erzaldii  budi daya jambu mete dalam waktu dua, 5 tahun sudah dapat dipanen dan tidak memerlukan perawatan istimewa, sehingga mudah dibudi daya.

“Jambu mete ini diambil bijinya. Untuk kacang mete, harganya bagus, ada pembelinya, 2, 5 tahun sudah panen. Jambu ini ditanam di tanah ekstambang, di Desa Kerakas penuh lahan ini, ” ungkap Gubernur Babel.

Untuk mendorong petani dalam menekuni usaha pertanian, pemprov akan membentuk jalan pertanian di desa.  

Selain menjelaskan tentang budi daya jambu mete, di kesempatan yang sama Gubernur Erzaldi juga menjelaskan tentang persawahan di Desa Kerakas.  

Taat Erzladi, masyarakat juga harus menggarap sawah yang ada di daerah ini, karena selain untuk menutup kebutuhan hidup sendiri, juga buat dijual sehingga nilai tambah bangsa lebih bagus.  

“Kita harus banyak macam komoditi yang kita lakukan, karena dapat menutupi komoditi dengan rendah harganya, ” ujarnya.

Di Bangka Selatan sudah terdapat tempat penggilingan pagi dengan kapasitas besar berjalan mendukung program persawahan.  

Oleh pokok itu, Gubernur Erzaldi Rosman menodong kepada petani agar dapat menganalogikan persawahan yang ada dengan elok, demi kesejahteraan masyarakat.   Kalender budi daya jambu mete pada Babel ini telah ditanam dalam lahan ekstambang seluas 178 hektare yang tersebar di Babel.  

Gubernur Erzaldi mengarahkan kepada petani biar serius menggarap lahan yang ada, pemprov akan memberikan bibit yang baik serta pupuk supaya hasil pertanian maksimal.  

Camat Sungai Selan Suhimin menilai, arahan Gubernur Erzaldi sangat penting bagi para petani karena, dapat menyemangati petani buat menekuni usaha pertanian di Kampung Kerakas.  

Selain itu, Gubernur Erzaldi juga memberikan bibit sayuran pada pertanian secara simbolis dilanjutkan secara meninjau lokasi jambu mete pada Desa Kerakas. (OL-09)