Berita

Ajax Kalah atas Groningen

Ajax Kalah atas Groningen

Ajax Amsterdam tumbang di tangan FC Groningen 0-1 dalam sabung pekan keempat Liga Belanda yang berlangsung di Stadion Euroborg, Groningen, pada Minggu (4/10).

Satu-satunya gol hasil Groningen dicetak Remco Balik di dalam menit ke-49. Hasil itu memproduksi Ajax gagal kembali mengudeta posisi puncak klasemen dan berada di posisi ketiga dengan sembilan poin, serta menjadi kekalahan pertamanya dalam musim ini.

Mereka kalah selisih gol dari Vitesse yang berada dalam posisi kedua dengan surplus mulia gol. Ajax juga berpotensi mendarat jika PSV dan Feyenoord lulus atas lawan mereka masing-masing. Tatkala Groningen naik ke posisi tujuh dengan enam poin, demikian pesan Liga Belanda.

Sejak awal laga Ajax dan Groningen silih bergantian melaksanakan serangan. Diawali peluang pemain Zakaria Labyad, sundulannya masih terlalu lemas dan bisa diselamatkan kiper Sergio Padt.

Groningen kemudian membalasnya melalui sundulan Jorgen Larsen, meneruskan umpan silang Damil Dankerlui, namun sayang bola masih melambung tipis di akan mistar gawang Ajax.

Memasuki babak ke-2, Groningen mulai mengintensifkan serangan. Lagu yang dilancarkan anak-anak asuh Danny Buijs berbuah hasil pada menit ke-49.

Berawal dari sepakan keras Strand Larsen yang mampu ditepis kiper Andre Onnana, bola muntah lalu disambar Remco Balk untuk menggetarkan jala gawang Ajax.

Ajax yang tertinggal kemudian memasukan David Neres mewakili Anthony guna memberikan tekanan dalam lini depan. Alih-alih menyamakan domisili, Ajax hampir saja harus mengakui bola untuk kedua kalinya, beruntung sepakan Pascal Lundqvist membentur kayu gawang Onana.

Anak-anak asuh Erik ten Hag mencoba membongkar lini pertahanan tuan rumah, tetapi rapatnya kesatuan belakang Groningen mampu memblok pada setiap serangan hingga waktu berakhir. (Ant/OL-12)