Berita

Calon Taruna Gagal Karena Covid-19, Polri: Silahkan Buat Aduan

Calon Taruna Gagal Karena Covid-19, Polri: Silahkan Buat Aduan

CALON taruna (catar) di Batam gagal seleksi Akademi Kepolisian (Akpol) karena dinyatakan terjangkit covid-19. Catar tersebut pun protes lantaran ngerasa seakan dipaksa untuk positif covid-19.

Padahal, dia mengklaim dirinya nonreaktif ataupun negatif covid-19. Melalui akun Twitter bernama @siap_abangjagoo, catar tersebut menyayangkan sikap oknum yang menggagalkannya menjelma taruna.

“Jadi, aku daftar seleksi Akpol, masih seleksi daerah sih. Akan tetapi alhamdulillah ranking 1 se-provinsi. Telah sampai sidang akhir, terus berhak untuk melanjutkan tes ke tingkat pusat, ” bunyi cuitan akun @siap_abangjagoo, Jumat (7/8).

Baca juga:   Bantu Tangani  Covid-19, Jokowi:   Polisi  Harus Persuasif akan tetapi Tegas

Merespons kabar tersebut, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Kombes Awi  Setiyono, menyebut seleksi meresap Akpol dilaksanakan dengan prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis. Mengikuti, mengusung penerapan One Day Service.

Berarti, begitu ujian selesai, hasil tepat diumumkan pada hari yang sama. Selain tim panitia seleksi, tinggi Awi, juga melibatkan propam, inspektorat pengawasan, dinas pendidikan, LSM, akademisi dan IT.

“Sehingga, sulit orang hendak main curang dalam seleksi tersebut. Semua mata mengawasi. Yang diterima Taruna Akpol adalah peserta ujian yang memenuhi syarat, ” pungkas Awi.

Baca juga:   200 Siswa Secapa AD Bandung Terpapar Covid-19

Meski catar mendapatkan ranking dalam ujian, namun jika di tes kesehatan terkonfirmasi positif covid-19, tetap tidak memenuhi syarat. “Jadi wajar kalau tidak diterima. Karena yang memenuhi syarat adalah dengan sehat dan siap untuk mengikuti pendidikan, ” imbuhnya.

Awi menekankan tes tidak bisa menjadi rujukan ataupun pembanding. Mengingat, ada panitia yang bertanggung jawab mengawasi semua ulangan. “Apabila ada pihak yang tak puas dengan panitia seleksi, silahkan buat pengaduan ke propam atau inspektorat pengawasan, ” tandas Aur. (OL-11)