Berita

Kadar City Diputus Hari Ini

Kadar City Diputus Hari Ini

MANAJER Manchester City Pep Guardiola menyebut timnya layak memperoleh satu tempat di Liga Champions musim depan.

Hal tersebut dia sampaikan, kemarin, setelah menggasak  Brighton Albion dengan skor 5-0 pada tambahan Liga Primer Inggris. Kemenangan itu otomatis membuat City secara formal mendapatkan tiket masuk Liga Champions musim depan.

Namun, Guardiola dan skuadnya sebenarnya tidak bisa  berpartisipasi karena divonis tidak boleh tampil dalam kompetisi Eropa selama dua tahun. Hukuman itu diberikan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) karena City telah menggelembungkan pendapatan dari sponsor untuk terhindar dari aturan financial fair play (FFP) dari 2012 had 2016. Akibat perbuatan terlarang itu, City juga didenda 30 juta euro.

City akan bisa ikut pentas Eropa jika banding mereka  diterima. Hari ini, CAS akan melahirkan sikapnya atas  banding yang sudah diajukan City. Jika banding ditolak, tentu tiket masuk Liga Champions yang sudah didapat jadi terbengkalai.

Selain itu, City juga akan kematian beberapa bintangnya jika bandingnya ditolak. Kevin De Bruyne dan Raheem Sterling dipastikan akan angkat tangan dari Etihad karena tak mau menyia-nyiakan puncak kariernya tanpa berlaku di Liga Champions selama besar tahun.

“Hari ini (kemarin) kami menyelesaikan tantangan, yaitu lolos ke Liga Champions secara matematis. Kami layak  berada di sana karena kami meraihnya di lapangan. Semoga pada Senin UEFA mengizinkan kami berlaku dengan tim ini karena para-para pemain juga layak  mendapatkannya, ” kata Guardiola seperti dilansir dibanding AFP.  

Selain terancam tidak bakal diperkuat pemain andalan,   absen selama dua tahun dari persaingan Eropa juga akan  membuat City kehilangan pemasukan yang besar. City  menghasilkan 93 juta euro dibanding hadiah uang UEFA dan hak  siar, serta sponsor dari Bon Champions musim lalu.

Tersedia yang untung

Sanksi berat dari City nantinya akan menguntungkan banyak pihak. Salah satunya ialah rival sekota, Manchester United. Jika City harus  absen di Liga Champions musim depan, otomatis tiket yang sudah mereka genggam diserahkan kepada United yang kini menghuni status 5.

United bisa saja tidak memerlukan cara itu jika mereka  siap masuk posisi empat besar. Bila mampu mengalahkan Southampton, Selasa (14/7) dini hari, ‘Setan Merah’ akan  terdongkrak setidaknya ke peringkat keempat. Itu juga  bisa bertengger ke peringkat ketiga dan menggusur Chelsea bila Leicester hanya meraih hasil imbang ketika melawan Bournemouth di laga pekan ke-34.

Melawan Southampton seharusnya tidak terlalu berat bagi United sebab anak asuh Ole Gunnar Solskjaer dalam  performa positif dengan 17 laga tak terkalahkan di seluruh kompetisi. United juga bergairah dan ganas di depan  gawang dengan torehan 17 gol dalam enam laga terakhir.

Laju positif plus performa pemain yang menggembirakan pun mewujudkan Solskjaer mengatakan tak akan menukar formasi hingga musim ini sempurna.

“Mereka (pemain) ingin bermain. Kami memiliki pemain  yang berada dalam tempo bagus dan bermain sangat cantik.   Jika tidak ada cedera, tidak ada alasan untuk mengubah terlalu banyak, ” ujar Solskjaer seperti dilansir dari situs formal klub.

Meski berada di atas angin, Solskjaer mengaku tetap mewaspadai kekuatan Southampton. Tim asuhan Ralph Hasenhuttl itu kerap menghadirkan kejutan serupa mengalahkan Manchester City dengan skor 1-0. Selain itu, striker Southamp ton Danny Ings juga sedang onfire dengan torehan 19 lulus di liga musim ini.

“Saya mengikuti apa yang telah Ralph lakukan dengan  agresivitas dan gaya sepak bola rock and roll yang penuh  energi. Saya menikmati musabaqah mereka karena  sangat menghibur, ” ujar Solskjaer. (R-3)