Berita

Kerbau Mati Diterkam Harimau Sumatra di Agam

SEEKOR munding peliharaan warga mati diterkam harimau sumatra (Sumatra panthera tigris) di kawasan Jorong Cubadak Lilin, Nagari Tigo Balai, Kecamatan Matur Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar). kejadian pada Senin (8/3) sekitar pukul 20. 00 WIB.

Kepala BKSDA Sesumbar Resor Agam Ade Anak mengatakan saat itu Resor RKW II Agam mendapatkan informasi dari seorang awak bahwa ada satwa yang memangsa ternak warga yaitu kerbau. Ada satu pati kerbau yang mati & dua anaknya luka-luka.

“Kemudian pada hari ini tim BKSDA Resor Agam menuju lokasi terjadinya konflik itu, “ katanya, Selasa (9/3). Tim di lokasi bersama-sama Wali Jorong dan klub menyisiri lokasi yang berkecukupan di luar kawasan alas.

Jarak dari tempat kejadian ke kawasan cagar daerah lebih kurang 2, 5 kilometer. Ternak warga di lokasi, menurutnya, memang dilepas. Kerbau tersebut berkisar 20 ekor yang terdiri dari anak dan induk.

“Tim menemukan keberadaan satwa berupa jejak dan kotoran. Sebab hasil identifikasi lapangan alur atau tanda-tanda yang ada memang harimau. Jejak terakhir yang ditemukan berada depan aliran anak sungai & celah-celah hutan. Dugaan tengah satwa tersebut sudah bergeser ke dalam hutan, ” terangnya.

Diduga di kira-kira lokasi tersebut ada mulia harimau. Saat ini pihaknya melakukan pengusiran terlebih awal dengan menggunakan bunyi-bunyian. “Nanti kalau setelah pengusiran ternyata masih muncul, baru dipasang perangkap, ” pungkasnya. (OL-14)