Berita

Menaker Tegaskan Pengusaha Wajib Bayarkan THR ke PekerjanyaÂ

GAJAH Ketenagakerjaan (Menaker)  Ida Fauziyah  menegaskan, seluruh pengusaha wajib membayarkan tunjangan hari umum (THR) kepada pegawainnya.  

Ida menyebut, THR adalah pendapatan non upah yang biasanya diberikan perusahaan era menjelang Hari Raya Idul Fitri.  

“Tentu saja kami sampaikan bahwa THR itu adalah kewajiban pengusaha yang dibayarkan kepada praktisi, ” kata Ida di Jakarta, Senin (5/4).

Saat ini pihaknya masih membahas soal ketentuan atau skema soal pembayaran THR 2021 bersama dengan Dewan Pengupahan Nasional (Depenas) dan Badan Pekerja Tripartit Nasional.

Baca juga:   Sandiaga akan Gandeng Louis Vuitton Genjot Pariwisata

Tripartit Nasional sendiri merupakan institusi yang melibatkan unsur negeri, pengusaha, dan pekerja/buruh.

“Masukannya sudah disusun oleh ke-2 tim kerja tersebut elok Depenas maupun Tripartit nasional. Nanti akan disampaikan melalui rapat pleno Tripartit Nasional, ” jelas Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Sementara itu, lanjut Ida, soal laporan adanya pengusaha yang belum membayarkan THR 2020, pihaknya mengaku mau ditindaklanjuti ke dinas ketenagakerjaan (Disnaker) masing-masing daerah.  

“Kami mendapatkan laopran dan itu sudah ditindak lanjuti oleh Disnaker provinsi serta Disnaker kabupaten/kota. Ini jadi perhatian kami, ” pungkas Ida. (OL-7)