Berita

Rizieq Tersangka Tunggal Kasus Kerumunan Megamendung

Rizieq Tersangka Tunggal Kasus Kerumunan Megamendung

POLISI hanya menetapkan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sebagai tersangka kasus kerumunan di Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Penetapan Rizieq sebagai simpulan tunggal itu berdasarkan hasil gelar perkara di Polda Jawa Barat pada 17 Desember lalu.

“Iya (tersangka tunggal). Hasil gelar perkara hanya menetapkan Rizieq sebagai tersangka, ” kata Direktur Tindak Pidana Ijmal Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi ketika dikonfirmasi, Jakarta, Sabtu (26/12).

Andi mengatakan penetapan Rizieq Shihab sebagai tersangka tunggal berdasarkan sejumlah alat bukti, keterangan saksi, & ahli. Penyidik menyimpulkan Rizieq Shihab bertanggung jawab atas terjadinya gerombolan di Megamendung yang berujung terjadinya pelanggaran protokol kesehatan.

Lebih lanjut, Andi mengatakan penyidik akan memanggil Rizieq untuk diperiksa sebagai tersangka pada dugaan tindak pidana tersebut. Namun, pihaknya belum menjadwalkan pemanggilan tersebut. “Belum dijadwalkan, ” pungkasnya.

Seperti diketahui, Rizieq Shihab juga menjadi tersangka dalam kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat dan ditahan dalam Rutan Polda Metro Jaya.

Andi membaca pada kasus kerumunan Megamendung pasal yang disangkakan yakni Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular, Pencetus 93 Undang-Undang Nomor 6 Tarikh 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, dan Pasal 216 KUHP.

Sebelumnya, kasus kelompok Megamendung ditangani oleh Polda Jabar dan telah memeriksa sejumlah pihak salah satunya Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Kini, kasus tersebut diambil alih oleh Bareskrim Polri. (OL-14)